Sakit mata yang menyerang anak, memang idealnya harus segera diobati, namun jangan asal memilih obat anak sakit mata, karena terdapat komposisi kimia tertentu dalam obat mata. Komposisi kimia tiap obat mata akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, sesuai dengan tujuan penggunaan obat mata, apakah sebagai obat iritasi ringan, antiinfeksi, atau sebagai obat antiinflamasi.
Kesalahan dalam memilih jenis obat mata akan berpengaruh sangat fatal pada kesehatan mata, karena jaringan penyusun mata merupakan jaringan lunak yang tersusun dari serabut-serabut tipis jaringan mata, sehingga mudah rusak dan mudah mengalami kerusakan.

Komposisi Obat Sakit Mata Anak Obat anak sakit mata memang harus diberikan apabila mengalami gangguan pada penglihatan, namun komposisi penyusun obat tetes mata juga harus diperhatikan sesuai dengan tujuan pengobatan tersebut. Berikut ini beberapa jenis komposisi obat mata serta kegunaannya pada penyakit mata, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Tetrahydrozolin HCl, digunakan untuk mengobati iritasi mata ringan. Aman digunakan sehari-hari.
  • Benzalkonium Chloride, digunakan untuk mencegah kontaminasi mikroorganisme pada saat penggunaan tetes mata. Aman digunakan sehari-hari.
  • Acyclovir, digunakan untuk mengobati infeksi pada mata akibat mikroba atau bakteri. Penggunaan harus dengan petunjuk ahli medis.
  • Chloramphenicol, digunakan untuk mengobati rasa pedih dan terbakar atau antiinflamasi karena bakteri dan virus. Penggunaan harus dengan petunjuk ahli medis.
  • Mydriatil, digunakan untuk mengobati penyakit amblyopia pada anak dan juga digunakan pada operasi mata untuk mencegah luka gores.
  • Miotik, berguna untuk mengurangi tekanan pada bola mata yang biasa menyerang glaukoma.
  • Pantocain, berguna sebagai anastesi lokal ketika melakukan operasi ringan pada mata katarak atau juling.


    Beberapa jenis obat anak sakit mata di atas merupakan jenis obat mata yang ketersediannya cukup mudah didapatkan. Walau bagaimanapun, mencegah dan menjaga kesehatan mata agar mata tidak terserang penyakit merupakan tindakan yang lebih baik dilakukan. Salah satu caranya adalah konsumsi vitamin A yang cukup sesuai dengan angka kecukupan gizi harian. Semoga bermanfaat.




Leave a Reply.